Hadiri Kegiatan Peningkatan Kualitas Ketua RT dan RK di Kecamatan Minas, Begini Pesan Bupati Siak Alfedri 

Jumat, 13 Oktober 2023 - 22:11:24 WIB
Share Tweet Google +

Siak, Catatanriau.com | Bupati Siak Drs H Alfedri MSi menghadiri kegiatan peningkatan kapasitas Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Kampung (RK) tahun anggaran 2023 di Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Riau, Jumat (13/10/2023) siang.

Kegiatan  peningkatan kapasitas RT dan RK ini bertujuan agar Ketua RT dan RK mengetahui tugas dan fungsinya. Sebab,

pengurus RT dan RK mempunyai tugas, fungsi dan kewenangan dalam turut serta menjalankan roda pemerintahan ditingkat Kampung ataupun Kelurahan.

Bupati Siak H Alfedri menyampaikan dalam sambutannya bahwa kegiatan  peningkatan kapasitas RT dan RK ini sangat penting, karena untuk memperkuat tugas dan fungsi para ketua RT dan RK sebagai garda terdepan yang paling dekat serta bersentuhan langsung dengan masyarakat.

"Tugas, fungsi dan hak RT dan RK adalah turut aktif membantu kelancaran kinerja organisasi masyarakat baik secara langsung terjun dalam anggota kepengurusan maupun sebagai warga yang taat akan peraturan serta melaksanakan hasil keputusan Musyawarah," kata Alfedri.

Fungsinya lanjut Alfedri, untuk membantu Pemerintah Kampung atau Kelurahan dalam urusan pemerintahan serta pelayanan terhadap masyarakat, pendataan penduduk, pemeliharaan keamanan, mengembangkan inisiatif dan penggerak swadaya gotong royong untuk partisipasi masyarakat di wilayah kerja masing-masing.

"Sedangkan hak dari RT dan RK, yaitu menyampaikan sarana dan pertimbangan kepada kepala Kampung dan Lurah berdasarkan musyawarah dengar pendapat warga, kemudian memilih dan dipilih sebagai pengurus serta memberikan kritik maupun saran atas keputusan yang dilakukan oleh pemerintah Kampung atau Kelurahan," tukasnya.****

Reporter : Afwan

Editor : Idris Harahap 


 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex